toolbar powered by Conduit

Kamis, 28 Oktober 2010

Find and Replace Memudahkan Kerja

Ane yakin semuanya pasti pernah melakukan copy paste (copas) dalam mengerjakan tugas. Baik itu buat makalah, skripsi, mengerjakan tugas kantor dsb. Asal jangan plagiat aje ye :D. Plagiat tu ngopy karya orang diakunye seme kete eh sama kite. Makenye jauhin tuh yg namanya plagiat. Mendingan pake karya kite sendiri. Biar jelek tetep wajah kite hehe... Original kan? Sekalian belajar nulis. Trus kalo mau posting/mempublikasikan hasil karya orang lain jangan lupa tuh dipampangin name penulisnya ato name sumbernya.
Btw, kembali ke laptop..... jadi copas tuh mungkin sudah biasa kite kerjakan. Dengan maksud mempermudah pekerjaan kita (save money & save time). Tapi kite juga jangan keenakan ngopas terus. But, this time I will show you some tricks about copas. Ane yakin diantara semuanye pasti sudah ada yang tahu about this trick. Namenye Find and Replace. Maybe kita pernah dikasih suatu contoh file yang selanjutnya perlu kita ubah sesuai dengan kebutuhan kita baik itu nama atau kata-kata yang tertera di file itu yang perlu kita ubah. Misalnya kita dikasih contoh file yang isi filenya ada nama kepala intansi (contoh : kantor Kecamatan A) misalnya namanya Harun Yahya dan banyak sekali nama tersebut di file tersebut kemudian kita akan ganti dengan nama Camat kita misalnya Asep Rahman. Kalo diedit satu-satu kan ribet juga. So, biar cepat and praktis biasanya kita pake trik Find and Replace. OK, untuk jelasnya ane bikin tutorialnya nih. Simak ya :
1. Pertama ane liatin dulu contoh file yang akan kita ubah
Ini halaman pertama



Selanjutnya halaman 2 juga sama dan seterusnya samapai halaman 100 (contohnya hehe...)



2. Abis itu kita mulai triknya. Pertama-tama kita cari tombol Editing (kalo di MS Word 2007 di sebelah kiri) biar jelas nih gambarnya :



kalo buat MS Word 2003 di sebelah kiri bawah deket drop down (paragi ke atas ke bawah) ada gambar tombol bulat lalu klik dan ada menu Find trus klik.

3. Nah abis itu sodare-sodare muncullah menu Find and Replace seperti di bawah ini :



4. Kemudian buka tab Replace dan disana ada kolom Find what kita isi saja dengan nama yang akan kita ganti yaitu Harun Yahya trus pada kolom Replace with kita ketikkan nama yang akan kita gunakan yaitu Asep Rahman seperti gambar di bawah ini :



Kemudian klik tombol Find Next lalu klik Replace All habis itu tarrraaaaa..............
nama Harun Yahya sudah diganti semuanya (sampai 100 halaman) dengan Asep Rahman.



Nah, selesai dah. Mudah kan? Ane yakin pasti bisa. Once again, this is not for plagiat purpose but to make our working easier. OK!

Thats all for today, ITman insya Allah bakal ngasih tips dan trik lainnya ya. Stay tuned terus ya..... Up..Up..and awaaayy...............

Tidak ada komentar:

Posting Komentar